Home > Pembayaran dan Pembukuan > Pembayaran Bea Masuk

Pembayaran Bea Masuk

Persyaratan untuk mengeluarkan barang sebagai barang impor untuk dipakai adalah dengan menyerahkan pemberitahuan pabean dan membayar bea masuk. Importir harus membuat PIB dan membayar bea masuk dan pungutan lainnya dalam rangka impor ke kas negara, dalam hal ini bank persepri, sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam pasal 36 Undang-undang Kepabeanan disebutkan:

(1)   Bea masuk, denda administrasi, dan bunga yang terutang kepada negara menurut Undang-Undang ini, dibayar di kas negara atau di tempat pembayaran lain yang ditunjuk oleh Menteri.

(2)   Bea masuk, denda administrasi, dan bunga sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibulatkan jumlahnya dalam ribuan rupiah.

(3)   Ketentuan   mengenai   tata  cara pembayaran,  penerimaan,  penyetoran  bea masuk, denda administrasi, dan bunga sebagaimana dimaksud pada ayat (1) serta pembulatan jumlahnya sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur lebih lanjut dengan atau berdasarkan peraturan menteri.

Kewajiban membayar bea masuk yang timbul harus dilunasi paling lambat pada tanggal pendaftaran pemberitahuan pabean atas impor. Begitu dokumen diajukan, pejabat pabean akan meneliti apakah semua persyaratan impor telah dipenuhi, termasuk pelunasan bea masuk dan pungutan impor lainnya. Apabila semua telah dipenuhi, maka Bea dan Cukai akan memutuskan memberikan izin pengeluaran barangnya.

Adakalanya keputusan pejabat Bea dan Cukai menetapkan adanya kekurangan pembayaran Bea Masuk, atau bahkan pengenaan denda administrasi. Untuk itu akan dikenakan tagihan terhadap kekurangan tersebut. Importir harus melunasi tagihan tersebut dalam jangka waktu 60 hari sejak dikeluarkannya surat pemberitahuan kekurangan pembayaran bea masuknya. Jika pembayaran dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo tersebut, maka di samping melunasi tagihan juga harus ditambah 2% pe bulan dari jumlah tagihan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: